Ahlan Wa Sahlan di Official Weblog Komunitas Tadabbur Al-Quran (KontaQ)

Tadabbur QS.Al-Anfal 41-45



وَاعْلَمُوا أَنَّمَا غَنِمْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَأَنَّ لِلَّهِ خُمُسَهُ وَلِلرَّسُولِ وَلِذِي الْقُرْبَى وَالْيَتَامَى وَالْمَسَاكِينِ وَابْنِ السَّبِيلِ إِنْ كُنْتُمْ آَمَنْتُمْ بِاللَّهِ وَمَا أَنْزَلْنَا عَلَى عَبْدِنَا يَوْمَ الْفُرْقَانِ يَوْمَ الْتَقَى الْجَمْعَانِ وَاللَّهُ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

        41.   Dan ketahuilah, sesungguhnya segala yang kamu peroleh sebagai rampasan perang,363 maka seperlima untuk Allah, Rasul, kerabat Rasul, anak yatim, orang miskin, dan ibnu sabil,364 (demikian) jika kamu beriman kepada Allah dan kepada apa yang Kami turunkan kepada hamba Kami (Muhammad) di hari Furqān,365 yaitu pada hari bertemunya dua pasukan. Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.

إِذْ أَنْتُمْ بِالْعُدْوَةِ الدُّنْيَا وَهُمْ بِالْعُدْوَةِ الْقُصْوَى وَالرَّكْبُ أَسْفَلَ مِنْكُمْ وَلَوْ تَوَاعَدْتُمْ لَاخْتَلَفْتُمْ فِي الْمِيعَادِ وَلَكِنْ لِيَقْضِيَ اللَّهُ أَمْرًا كَانَ مَفْعُولًا لِيَهْلِكَ مَنْ هَلَكَ عَنْ بَيِّنَةٍ وَيَحْيَا مَنْ حَيَّ عَنْ بَيِّنَةٍ وَإِنَّ اللَّهَ لَسَمِيعٌ عَلِيمٌ

42.  (Yaitu) ketika kamu berada di pinggir lembah yang dekat dan mereka berada di pinggir lembah yang jauh sedang kafilah itu berada lebih rendah dari kamu. 366 Sekiranya kamu mengadakan persetujuan (untuk menentukan hari pertempuran), niscaya kamu berbeda pendapat dalam menentukan (hari pertempuran itu), tetapi Allah berkehendak melaksanakan suatu urusan yang harus dilaksanakan,367 yaitu agar orang yang binasa itu hidup dengan bukti yang nyata. Sungguh, Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui,

إِذْ يُرِيكَهُمُ اللَّهُ فِي مَنَامِكَ قَلِيلًا وَلَوْ أَرَاكَهُمْ كَثِيرًا لَفَشِلْتُمْ وَلَتَنَازَعْتُمْ فِي الْأَمْرِ وَلَكِنَّ اللَّهَ سَلَّمَ إِنَّهُ عَلِيمٌ بِذَاتِ الصُّدُورِ

43. (Ingatlah) ketika Allah memperlihatkan mereka di dalam mimpimu (berjumlah) sedikit. Dan sekiranya Allah memperlihatkan mereka (berjumlah) banyak tentu kamu menjadi gentar dan tentu kamu akan berbantah-bantahan dalam urusan itu, tetapi Allah telah menyelamatkan kamu. Sungguh, Allah Maha Mengetahui apa yang ada dalam hatimu.

وَإِذْ يُرِيكُمُوهُمْ إِذِ الْتَقَيْتُمْ فِي أَعْيُنِكُمْ قَلِيلًا وَيُقَلِّلُكُمْ فِي أَعْيُنِهِمْ لِيَقْضِيَ اللَّهُ أَمْرًا كَانَ مَفْعُولًا وَإِلَى اللَّهِ تُرْجَعُ الْأُمُورُ

44.  Dan ketika Allah memperlihatkan mereka kepadamu, ketika kamu berjumpa dengan mereka berjumlah sedikit menurut penglihatan matamu dan kamu diperlihatkan-Nya berjumlah sedikit menurut penglihatan mereka, itu karena Allah berkehendak melaksanakan suatu urusan yang harus dilaksanakan. Hanya kepada Allah segala urusan dikembalikan.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا إِذَا لَقِيتُمْ فِئَةً فَاثْبُتُوا وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

45. Wahai orang-orang yang beriman! Apabila kamu bertemu pasukan (musuh), maka berteguh hatilah dan sebutlah (nama) Allah banyak-banyak (berzikir dan berdoa) agar kamu beruntung.

----------------------
Catatan Kaki:

363. Harta yang diperoleh dari orang-orang kafir dengan melalui pertempuran, sedang yang diperoleh tidak dengan pertempuran dinamai fai’. Pembagian tersebut dalam ayat ini ialah yang berhubungan dengan ghanimah saja.

364. Seperlima dari ganimah itu dibagi kepada:
a).  Allah dan Rasul-Nya;
b).  Kerabat Rasul (Bani Hasyim dan Bani Muthalib);
c).  Anak yatim;
d).  Orang miskin;
e). Ibnu sabil, yaitu orang yang sedang dalam perjalanan. 

Sedang empat  perlima dari ganimah itu dibagi kepada mereka yang ikut bertempur.
365. Hari bertemunya dua pasukan pada Perang Badar, hari Jum’at tanggal 17 Ramadhan tahun mengisyaratkan kepada permulaan turunnya Al-Qur’anul Karim pada malam 17 Ramadhan.

366. Kaum muslimin waktu itu berada di pinggir lembah yang dekat ke Madinah. Sedang kafilah yang dipimpin oleh Abu Sufyan berada di tepi pantai kira-kira 5 mil dari Badar.

367. Kemenangan kaum muslimin dan kehancuran kaum musyrikin.

----------------------
Tadabbur:
Ayat 41-45 menjelaskan tiga hal:

1)  Sistem pembagian ghanimah (harta rampasan perang) sepenuhnya ketentuan Allah. Orang mukmin tidak boleh memprotes apa saja keputusan Allah dan Rasul-Nya karena akan merusak keimanan. Allah telah tentukan ghanimah itu 20 % untuk Allah, Rasul-Nya, kerabat Rasul, anak yatim, fakir miskin, dan orang yang kehabisan bekal dalam perjalanannya.

2) Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Allah memiliki strategi dalam memenangkan agama Islam seperti:
a)  Membenturkan kaum mukmin dengan musuh mereka sesuai dengan tempat dan waktu yang dikehendaki-Nya. Perang Badar adalah salah satu contohnya, karena Perang Badar itu bukan target Rasulullah Saw. saat itu. Target Beliau hanya manuver terhadap kafilah Quraisy yang melewati kawasan tidak jauh dari kota Madinah. Allah menskenariokan Perang Badar itu untuk merealisasikan kehendak-Nya, yaitu peperangan antara kaum mukmin dengan musuh mereka dan agar orang-orang kafir itu memahami kebathilan mereka dan orang-orang mukmin itu memahami kebenaran mereka. 

b) Allah tampakkan dalam mimpi Rassul Saw. bahwa jumlah musuh sedikit, padahal sesungguhnya mereka banyak. 

c) Waktu dua pasukan berhadap-hadapan, Allah perlihatkan musuh itu di mata kaum mukmin sedikit dan begitu juga Allah perlihatkan kaum mukmin di mata musuh sedikit. Dengan demikian, kehendak Allah terlaksana.

3)  Etika berperang dalam Islam, yakni saat menghadapi musuh harus teguhkan hati, kuatkan keyakinan pada Allah dan banyak-banyak berzikir pada Allah. Insya’ Allah menang.
        
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Log | CW | JT | MT
Copyleft © 2016. KontaQ-Komunitas Tadabbur Al-Quran - Seluruh Materi Tadabbur dalam Blog ini bersumber dari Mushaf Tadabbur (Qur'an Karim Terjemah, Makna Perkata dan Tadabbur ayat) Karya Ustadz Fathuddin Ja'far, MA yang diterbitkan oleh Penerbit Al-Bayan. Bagi yang ingin mengutip materi tadabbur dari blog ini, kami harapkan agar tetap mencantumkan sumber kutipan dalam upaya meraih keberkahan ilmu.
TC by CW Published by MT
Powered by Webblog