Ahlan Wa Sahlan di Official Weblog Komunitas Tadabbur Al-Quran (KontaQ)

TadabburQu Washilah Dakwahku (V/G1)

Rubrik TadabburQu
Edisi V/17 Mei/P60-T/2015

Tema              : "Bersabar dalam Ketaatan"
Surah & Ayat : Al Furqon Ayat 20

".... Dan Kami jadikan sebagian kamu sebagai cobaan bagi sebagian yang lain. Maukah kamu bersabar? Dan Tuhanmu Maha Melihat."
Atashbiruun? Mau kah kamu bersabar? Apa kamu kuat? Apa kamu tabah?
Pertanyaan ini tidak lagi dihadapkan pada seorang Muhammad sebagai Rasul, tetapi kepada seluruh orang telah memegang keyakinan yang telah diajarkan beliau.
Kadang kita gagal, jika gagal jangan ragu dengan kebenaran yang kita perjuangkan. Mungkin teknik belum kena atau taktik belum sempurna. Perjalanan teruskan juga. (Tafsir Al Azhar)

*******************************
ID KontaQ      : 7zein
TadabburQu  :
Dunia ini tempat persinggahan sementara menuju kampung akhirat. Kampung dimana semua orang akan mempertanggung jawabkan setiap gerak-gerik maupun niat dalam hati.

Dalam proses perjalanan tersebut, tidak dapat dihindari kita akan bertemu dan berinteraksi dengan orang-orang sekitar. Allah takdirkan kita bertemu beragam manusia, ada orang pintar sehingga kita bisa belajar banyak ilmu darinya, orang kaya dermawan sebagai keteladanan bagi kita, orang miskin sebagai peluang kita menambah bekal ke akhirat kalau ikhlas membantu mereka, bos pemarah dan kasar supaya kita sabar menghadapinya, ada pula isteri yang kekanak-kanakan supaya sang suami tampil bijak dan dewasa.

Kalau dipikir-pikir ragam manusia yang dikirim Allah dalam berinteraksi dengan kita adalah untuk membenahi rohani hamba-Nya sehingga menjadi khalifah yang tangguh dan sabar dalam menjalankan misinya di bumi Allah. Ini adalah proses pendidikan, ujian dan sekaligus rahmat Allah yang sering terlambat kita syukuri.

*******************************
ID KontaQ      : 999999
TadabburQu  :
Setiap jalan kehidupan ada ujiannya, kadang manusia berkeluh kesah dgn sedikit cobaan, padahal beruntung orang yg mau bersabar atas segala rencana Allah, pasti Allah akan mengangkat derajatnya.
Tapi setan tidak akan tinggal diam melihat ketaatan manusia, setan akan terus menjerumuskan manusia, beruntunglah orang-orang yang teguh dalam ketaatan.


*******************************
ID KontaQ      : 100216
TadabburQu  :
Orang-orang yang bersabar, taqwa akan ada blasan yaitu Syurga Alloh, akan mendapatkan apa saja yg di inginkn. Itu janji Alloh yg pasti.
Alloh selalu bersama orang-orang yg sabar & Alloh Maha Melihat sglanya. Segala cobaan datangnya dari Alloh & itu adalah Rencana Alloh. Alloh lebih mngerti apa yg terbaik buat hambanya,,, So kita diwajibkn untuk selalu bersabar dalam mnghadapi segala cobaan.

*******************************
ID KontaQ      : 7777777
TadabburQu  :
Manusia itu bukan malaikat, manusia itu selalu melakukan kesalahan dan khilaf, iman di hati pun terkadang naik turun, tapi dengan keyakinan di hati untuk meraih ridho Allah, dalam keadaan apapun terutama semangat beribadah turun, tapi jangan sampai kesadaran akan kebesaran-Nya hilang juga, sehingga membuat kita lalai tidak menunaikan hak-hakNya, kewajiban kita sebagai hamba Allah.

*******************************
ID KontaQ      : rohman
TadabburQu  :
Kehidupan terindah ketika orang merasakan dan menikmati kesabarannya, dia meningkat ketingkat yang tinggi dengan syukur. Mereka berjalan dengan dua sayap, sabar dan syukur, menuju surga yang penuh nikmat.

*******************************
ID KontaQ      : enwidi
TadabburQu  :
Bersabar dlm ketaatan... sesekali terasa berat melaksanakan amalan-amalan sunnah.. namun tetap dilakukan krn ada janji Allah utk kebaikan dunia akhirat...

*******************************
ID KontaQ      : aurasuci
TadabburQu  :
Kesabaran adalah kunci sukses para Rasul. Maka hanya dengan kesabaranlah kita menghadapi segala cobaan dan ujian dalam hidup ini.

*******************************
ID KontaQ      : Rofiqoh
TadabburQu  :
Rasul saja selalu sabar dlm berdakwah terhadap orang-orang yg belum beriman, karena mereka juga manusia biasa seperti kita. Untuk itu terus berdakwah sesuai dengan kemampuan kita dimanapun kita berada dan kepada siapapun yg membutuhkan dakwah
*******************************
ID KontaQ      : ummayz86
TadabburQu  :
Sabar. Sungguh sebuah kata yg mudah sekali diucapkan. Namun begitu berat untuk dilakukan. Terlebih, untuk bersabar dalam melakukan ketaatan kepada-Nya. Karena syaithan tidak akan pernah berhenti untuk menjadikan manusia lalai dalam mengingat dan melakukan ketaatan kepadaNya.
Sungguh, untuk dapat bersabar berbuat taat pada Allah, membutuhkan perjuangan yg luar biasa. Karena memang imbalan dari Allah pun, bukanlah perkara yg biasa. Allah menjanjikan cinta-Nya untuk setiap hamba yg bersabar dalam melakukan ketaatan pada-Nya.
Allah juga menjanjikan surga yg keindahannya tak pernah terlintas di setiap hati manusia, untuk hamba2 yg mampu menaklukkan godaan syaithan dan godaan hawa nafsunya sendiri.
Maka, marilah kita senantiasa memohon kepada-Nya, agar diri yg lemah ini Allah berikan kekuatan agar dapat bersabar berbuat taat pada-Nya. Senantiasa memohon agar Allah karuniakan ikhlas di hati saat melakukan amalan semata karenaNya, sampai akhir nafas kita. Aamiin ya Rabb...

*******************************
ID KontaQ      : 20100225
TadabburQu  :
Dalam menghadapi cobaan hidup kunci kesuksesannya adalah sabar dalam ketaatan, karena dengan itu manusia dapat melewati ujian dengan mendapatkan balasan yang besar dari Allah SWT.

*******************************
ID KontaQ      : 20100092
TadabburQu  :
Rasulullah adalah manusia biasa sama seperti kita. Beliau makan makanan dan berjalan juga di pasar. Apa yang diperbuat Rosulullah berarti mungkin dilakukan oleh kita maka tidak ada alasan untuk tidak melaksanakan sunnahnya. Namun, dalam pelaksanaan tidaklah mudah diperlukan kesabaran dalam ketaatan. Dan ingatlah selalu bahwa sabar adalah kunci kesuksesan

*******************************
ID KontaQ      : 240573
TadabburQu  :
Bersabar dalam ketaatan... untuk urusan dunia, lihatlah orang2 yg berada "dibawah" kita agar kita dpt bersabar dan bersyukur.

*******************************
ID KontaQ      : fay_06
TadabburQu  :
Hidup sederhana, mau menerima kenyataan dalam menjalankan hidup dan selalu bersyukur atas semua pemberian yang ALLAH berikan.
*******************************
ID KontaQ      : Uthiee
TadabburQu  :
Bersabar dalam ketaatan..
Bersabar dalam melaksanakan perintah alloh dan bersabar dalam menjauhi perintah alloh walau dalam kehidupan sehari2 saat ini sangat berat krn banyak sekali ujian dan godaannya..
Beramal ma'ruf nahi munkar mencoba mengikatkan kpd orang lain tentang kebaikan mengingatkan orang lain untuk memjauhi perbuatan yang tidak baik,,
Di sini kita di tuntut bersabar krn dlm pelaksanaan sehari terkadang banyak yg tidak terima bila perbuatan dosa yg sudah menjadi kebiasaan nya di ingatkan.
Terkadang juga orang yg jujur jadi menjadi orng yg aneh di tengah2 suatu perkumpulan. Di sinilah bersabar dalam amal ma'ruf nahi munkar di perjuangkan untuk mendapat keridhoan alloh swt.

*******************************
ID KontaQ      : 111009
TadabburQu  :
Dari kecil saya mengenal islam dari orang tua dan sekolah dan hanya sekedar mengikuti, dan saat ini setelah mengerti apa dan bagaimana seharusnya muslim itu maka saya berusaha mempelajari dienul islam bukan karena mengikuti orang tua atau tuntutan pelajaran di sekolah.
Menuntut ilmu agama ternyata jauh lebih penting dari pada ilmu dunia, menuntut ilmu agama tidak hanya membutuhkan otak (pikiran/akal) saja seperti ilmu dunia namun harus menggunakan otak dan hati.
Hati yang harus sabar untuk taat, akan melahirkan perilaku pada diri dan mengubah kebiasaan diri menjadi lebih baik, dan selanjutnya tidak hanya cukup pada diri sendiri, keinginan hati pun menyampaikannya kepada keluarga, sahabat walaupun sering tidak diterima, bahkan dikecam, namun dari semua masaah itu tetap kembali pada hati yang sabar dan taat.

*******************************
ID KontaQ      : 60100100
TadabburQu  :
Sabar adalah kunci kesuksesan dan kita diharuskan bersabar dalam keadaan apapun,kita harus bersabar untuk  meninggalkan keburukan dan berusaha menjadi lebih baik

*******************************
ID KontaQ      : 194824
TadabburQu  :
Bersabar dengan penuh keikhlasan yang didasari oleh semata karena Allah apapun bentuk ujian yang diberikan kepada kita terasa berat sulit dan susah, jika kita tdk menyandarkan kepada Allah.
Tapi yakinlah setiap ujian dan cobaan yang diberikan pada Allah kepada kita tidak melebihi batas kemampuan yang kita miliki Allah maha pengasih dan penyayang. Selayaknya kita tetap beramal Ma'ruf Nahi mungkar walau apapun yang terjadi dengan kondisi kita, baik dlm keadaan tidak punya, sakit, dan lainnya. Misalnya dengan tenaga fikiran dan senyuman yang paling ringan saja kita sudah berbuat baik.

*******************************
ID KontaQ      : 170911
TadabburQu  :
Ujian para nabi memang lebih berat daripada kita umatnya, tetapi bukan berarti kita tidak bisa menyaingi kesabaran mereka dalam menjalankan ketaatan kpd Allah SWT.
Amal ma'ruf dan nahi munkar adalah suatu keniscayaan bagi setiap muslim. Namun, ketika kita belum mampu menyeru kebaikan kpd orang lain, maka lakukanlah kebaikan itu oleh kita terlebih dahulu, ketika kita belum mampu mencegah kemunkaran pada orang lain, minimalisirlah diri kita terlebih dahulu dari berbuat kemunkaran. Karena, keteladanan adalah nasihat paling berharga dibanding dengan sejuta kata. Wallahu A'lam

*******************************
ID KontaQ      : 697057
TadabburQu  :
Rosululloh adalah manusia yang bisa lapar juga berjalan ke pasar. Tapi Rosul adalah manusia pilihan. Mereka selalu mendapat ujian yang berat dalam membimbing umatnya.
Bahkan mereka rela di ejek bahkan disakiti juga di lecehkan. Mereka bisa bertahan karena Rosul menginginkan kaumnya tahu bahwa akhlak yang terpuji adalah tuntunan dalam

*******************************
ID KontaQ      : Rahana
TadabburQu  :
Tetap istiqomah utk melakukan kegiatan2 sesuai dengan tuntunan yg telah dijelaskan dalam al qur'an dan sunah walaupun banyak godaan

*******************************

ID KontaQ      : 100113
TadabburQu  :
Allaah berikan rejeki pada masing2 keluarga dengan hal yg berbeda. Ada keluarga yg memiliki visi yang sama dalam dakwah dan itu tentu lebih mudah beramal bersama
Tapi ada yg direjekikan dengan keluarga yg tidak sama visinya..
Banyak perjuangan di dalamnya, tapi jangan menyerah untuk beramal walau sendiri. Tetaplah berharap agar amal istiqamah kita menjadi dakwah keluarga, Karena kita tak pernah tahu, kapan Allaah bukakan hati setiap orang dan itu sangat mudah bagiNya. Maka berdoalah dan teruskan jihadmu.

﹏﹏﹏﹏﹏﹏﹏﹏﹏﹏﹏﹏﹏﹏﹏﹏﹏﹏﹏﹏﹏﹏
KOMUNITAS TADABBUR AL-QURAN (KONTAQ)
﹏﹏﹏﹏﹏﹏﹏﹏﹏﹏﹏﹏﹏﹏﹏
﹏﹏﹏﹏﹏﹏
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Log | CW | JT | MT
Copyleft © 2016. KontaQ-Komunitas Tadabbur Al-Quran - Seluruh Materi Tadabbur dalam Blog ini bersumber dari Mushaf Tadabbur (Qur'an Karim Terjemah, Makna Perkata dan Tadabbur ayat) Karya Ustadz Fathuddin Ja'far, MA yang diterbitkan oleh Penerbit Al-Bayan. Bagi yang ingin mengutip materi tadabbur dari blog ini, kami harapkan agar tetap mencantumkan sumber kutipan dalam upaya meraih keberkahan ilmu.
TC by CW Published by MT
Powered by Webblog