Ahlan Wa Sahlan di Official Weblog Komunitas Tadabbur Al-Quran (KontaQ)

Tadabbur QS.Al-Anfal 26-33



وَاذْكُرُوا إِذْ أَنْتُمْ قَلِيلٌ مُسْتَضْعَفُونَ فِي الْأَرْضِ تَخَافُونَ أَنْ يَتَخَطَّفَكُمُ النَّاسُ فَآَوَاكُمْ وَأَيَّدَكُمْ بِنَصْرِهِ وَرَزَقَكُمْ مِنَ الطَّيِّبَاتِ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ
   
     26.  Dan ingatlah ketika kamu (para Muhajirin) masih (berjumlah)    sedikit, lagi tertindas di bumi (Mekah), dan kamu takut orang-orang (Mekah) akan menculik kamu, maka Dia memberi kamu tempat menetap (Madinah) dan dijadikan-Nya kamu kuat dengan pertolongan-Nya dan diberi-Nya kamu rezeki yang baik agar kamu bersyukur.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا لَا تَخُونُوا اللَّهَ وَالرَّسُولَ وَتَخُونُوا أَمَانَاتِكُمْ وَأَنْتُمْ تَعْلَمُونَ

 27. Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu mengkhianati Allah dan rasul dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanat yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui.

وَاعْلَمُوا أَنَّمَا أَمْوَالُكُمْ وَأَوْلَادُكُمْ فِتْنَةٌ وَأَنَّ اللَّهَ عِنْدَهُ أَجْرٌ عَظِيمٌ

28. Dan ketahuilah bahwa hartamu dan anak-anakmu hanyalah sebagai cobaan dan sesungguhnya di sisi Allah ada pahala yang besar.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا إِنْ تَتَّقُوا اللَّهَ يَجْعَلْ لَكُمْ فُرْقَانًا وَيُكَفِّرْ عَنْكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ وَاللَّهُ ذُو الْفَضْلِ الْعَظِيمِ 

29.   Wahai orang-orang yang beriman! Jika kamu bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan memberikan furqān (kemampuan membedakan antara yang hak dan yang batil) kepadamu dan menghapus segala kesalahanmu dan mengampuni (dosa-dosa)mu. Allah memiliki karunia yang besar.

وَإِذْ يَمْكُرُ بِكَ الَّذِينَ كَفَرُوا لِيُثْبِتُوكَ أَوْ يَقْتُلُوكَ أَوْ يُخْرِجُوكَ وَيَمْكُرُونَ وَيَمْكُرُ اللَّهُ وَاللَّهُ خَيْرُ الْمَاكِرِينَ

30.  Dan (ingatlah), ketika orang-orang kafir (Quraisy) memikirkan tipu daya terhadapmu (Muhammad) untuk menangkap dan memenjarakanmu atau membunuhmu, atau mengusirmu. Mereka membuat tipu daya dan Allah menggagalkan tipu daya itu. Allah adalah sebaik-baik pembalas tipu daya.

وَإِذَا تُتْلَى عَلَيْهِمْ آَيَاتُنَا قَالُوا قَدْ سَمِعْنَا لَوْ نَشَاءُ لَقُلْنَا مِثْلَ هَذَا إِنْ هَذَا إِلَّا أَسَاطِيرُ الْأَوَّلِينَ

31.   Dan apabila ayat-ayat Kami dibacakan kepada mereka, mereka berkata, “Sesungguhnya kami telah mendengar (ayat-ayat seperti ini), jika kami menghendaki, niscaya kami dapatkan membacakan yang seperti ini.(Al-Qur’an) ini tidak lain hanyalah dongeng orang-orang terdahulu.”

وَإِذْ قَالُوا اللَّهُمَّ إِنْ كَانَ هَذَا هُوَ الْحَقَّ مِنْ عِنْدِكَ فَأَمْطِرْ عَلَيْنَا حِجَارَةً مِنَ السَّمَاءِ أَوِ ائْتِنَا بِعَذَابٍ أَلِيمٍ

32.   Dan (ingatlah), ketika mereka (orang-orang musyrik) berkata, “Ya Allah, jika (Al-Qur’an) ini benar (wahyu) dari Engkau, maka hujanilah kami dengan batu dari langit, atau datangkanlah kepada kami azab yang pedih.”

وَمَا كَانَ اللَّهُ لِيُعَذِّبَهُمْ وَأَنْتَ فِيهِمْ وَمَا كَانَ اللَّهُ مُعَذِّبَهُمْ وَهُمْ يَسْتَغْفِرُونَ

33.  Tetapi Allah tidak menghukum mereka, selama engkau (Muhammad) berada di antara mereka, sedang mereka (masih) memohon ampunan.


----------------------
Tadabbur:
Ayat 26-33 meneruskan ayat sebelumnya terkait imbauan Allah kepada kaum Mukmin dan beraneka fakta di lapangan dakwah yang harus dipahami dan dihadapi. Di antara imbauan tersebut ialah:

1)  Agar kaum mukmin ingat masa mereka sedikit, lemah dan menjadi bulan-bulanan kaum kafir di Mekkah dahulu. Lalu Allah melindungi mereka, kuatkan mereka dan berikan pertolongan kepada mereka. Bahkan Allah beri rezeki yang baik setelah mereka hijrah ke Madinah. Semua itu harus diingat agar kaum mukmin bersyukur dan tidak kufur nikmat.

2)  Agar kaum mukmin bertakwa kepada Allah. Dengan takwa itu Allah jadikan bagi mereka pembeda antara hak dengan batil, hapuskan kesalahan-kesalahan dan ampunkan dosa-dosa mereka.

3)  Agar Nabi Muhammad Saw. mengingat saat orang-orang kafir Quraisy mengadakan makar untuk menahan atau membunuh atau mengusir beliau dari kampungnya yakni Mekah. Makar mereka itu tidak berguna sedikitpun di hadapan makar Allah.

4)   Salah satu bentuk kekufuran kaum kafir Mekah ialah menghina dan meremehkan Al-Qur’an dan mengangapnya cerita dongeng belaka. Bahkan mereka menantang Nabi Muhammad Saw. jika Al-Qur’an itu benar dari Allah, maka turunkanlah kepada mereka hujan batu dari langit atau datangkan kepada mereka azab yang amat pedih.

5)   Allah tidak akan mengazab mereka selama Rasulullah Saw. ada di tengah-tengah mereka dan atau selama mereka minta ampun kepada Allah. Subhanallah... Begitu mulianya kedudukan Muhammad Saw. di mata Allah dan begitu besarnya rahmat Allah pada hamba-Nya, kendati kafir pada-Nya.


Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Log | CW | JT | MT
Copyleft © 2016. KontaQ-Komunitas Tadabbur Al-Quran - Seluruh Materi Tadabbur dalam Blog ini bersumber dari Mushaf Tadabbur (Qur'an Karim Terjemah, Makna Perkata dan Tadabbur ayat) Karya Ustadz Fathuddin Ja'far, MA yang diterbitkan oleh Penerbit Al-Bayan. Bagi yang ingin mengutip materi tadabbur dari blog ini, kami harapkan agar tetap mencantumkan sumber kutipan dalam upaya meraih keberkahan ilmu.
TC by CW Published by MT
Powered by Webblog