Ahlan Wa Sahlan di Official Weblog Komunitas Tadabbur Al-Quran (KontaQ)

Tadabburqu Washilah Dakwahku (B2/G2)

Edisi /April 2015

ID KontaQ: 310795/
GS: 57
Surat/Ayat  : al Baqarah / 272

TadabburQu: 
Dari ayat tersebut bisa kita ambil ibrah bahwasanya berdakwah (amar ma'ruf nahyi munkar) itu adalah sebuah kewajiban bagi kita.
Adapun hasil dari dakwah itu adalah urusan Allah. Saat dakwah diterima tentu akan membuat kita senang, namun saat dakwah ditolak maka janganlah berputus asa karena Allah melihat proses bukan hasil, dan karena hasil adalah hak Allah 

********************************************
ID KontaQ: 030672/GS: 54
Surat / Ayat: al Baqarah  275

TadabburQu : 
Orang-orang yang memakan riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan setan karena gila.(105) Yang demikian itu karena mereka berkata bahwa jual beli itu sama dengan riba, padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. Barang siapa mendapat peringatan dari Rabbnya lalu dia berhenti, maka apa yang telah diperoleh dahulu menjadi miliknya(106) dan urusannya (terserah) kepada Allah. Barang siapa mengulangi, maka mereka itu penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya.(2:275)
Ayat ini membuatku makin takut..
3 th lalu suamiku berpulang dan meninggalkan harta warisan. Sebagian saya buat bangun kontrakan, dan skrg bs menghidupi kami.
Sebagian lain saya asuransikan ke asuransi syari'ah. Dulu saya berfikir yang penting lembaga syariah, kan sdh ada dewan syariahnya. Kalo salah dosa mereka.
Waktu berlalu uang saya bukan bertambah malah habis di potong premi dan administrasi.
Kutanya agentnya uang hilang krn berganti dengan sejumlah uang yang akan saya terima saat saya meninggal.
Namun setelah tadabbur ayat di atas..kembali saya gelisah... Akankan kutukar sejumlah uang itu dengan azabnya.
Allah menjanjikan jalan keluar bagi hambanya yang bertakwa. Langsung saat itu juga kuhubungi agent agar asuransiku d tutup. Padahal uang saya akan terpotong 50% nya dan anak saya tdk akan memperoleh manfaat apapun jika saya meninggal.
Ya اللّهُ saya yakin sepenuhnya akan janjiMu memberi jalan keluar bagi hambaMu yang bertaqwa. Ampuni khilaf hambaMu ini....
Terima kasih atas petunjukMu padaku....yakin akan ada hikmah  dariMu setelah ini.

******************************************
 Id KontaQ : 021282/GS 34/65
Surat /ayat: Al-Baqarah 275-281

TadabburQu:
Ini pengalaman pribadi yg saat ini pas dengan tadabbur surah Al-Baqarah 275-281 tentang infak.

Ketika memutuskan memasukkan anak untuk melanjutkan sekolah ke pondok pesantren tahun ini, saya belum tau dapat uang dari mana. Karena pesantren yg dituju lumayan mahal menurut ukuran saya. Kata suami lebih baik dimasukkan ke sekolah negri aja yg ga bayar alias gratis. Karena dilihat dari nilai inn syaa Allah masuk.
Waktu itu saya bilang, kalau kita punya niat baik untuk memondokkan ke pesantren menimba ilmu dunia dan bekal kelak diakhirat untuk anak, kenapa kita takut dengan rejeki yg Allah siapkan..?
Entah kenapa waktu itu saya begitu mantap dgn keyakinan saya.
Suamipun setuju.
Belum ada titik terang waktu itu dari mana arah rejeki datang.
Saya tetap berhushudhan kepada Allah. Walaupun begitu saya menyiapkan rencana untuk meminjam uang.
Tidak lama setelah itu. Tiba2 ada tawaran untuk suami sebuah proyek yg ditawarkan teman. Padahal baru kali pertama menangani pekerjaan seperti itu.
Saya bilang, kalau mau dapat ikan ya...harus dipancing dulu. Jika proyek ini deal inn syaa Allah lebih dari biaya masuk ke pesantren.
Mulailah saya memancing rejeki dengan berinfak. Kasih uang ke orang tua dengan jumlah yg lebih besar dari biasa. Beliau bilang, " khan baru dikasih...kok kasih lagi...lagi dapet rejeki...?". 
Saya bilang, " doain aja bu...biar rejeki lancar...".
Trus saya traktir adik2 makan yg enak2. 
" asyiiik...ditraktir, lagi dapet rejeki ya....?".
Saya bilang, " iya....doain ya....?".
Sahabatfillah.....
Alam akan cepat menyerap ketika doa atau ucapan yg diucapkan dalam keadaan senang. Karena energinya lebih kuat. Atau dalam keadaan sedih dan teraniaya. Melesat lebih cepat sampai kelangit.
Amplop sudah disiapkan, dengan nama yg sudah dicantumkan ditiap amplop. Untuk para janda dan anak yatim.
Suami tersenyum melihat kelakuan saya. Miris, ngilu campur khawatir....entahlah.
Seperti itu keadaan saya.
Ternyata benar janji Allah, untuk tidak perlu khawatir dgn rejeki yg sudah disiapkan-NYA.dari arah mana yg tidak diduga.
Proyek suami deal, dan Alhamdulillah ...saya sangat bersyukur karena doa2 dibayar tuntas oleh Allah SWT.
Wa illahul musta'an 

******************************************
ID KontaQ: Fitrah/GS: 81
Surat /: al Baqarah/ 275
TadabburQu: 
Pelaku riba tidak akan merasakan ketenangan di dunia apa lagi di akhirat


******************************************

Komunitas Tadabbur Al-Quran (KontaQ)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Log | CW | JT | MT
Copyleft © 2016. KontaQ-Komunitas Tadabbur Al-Quran - Seluruh Materi Tadabbur dalam Blog ini bersumber dari Mushaf Tadabbur (Qur'an Karim Terjemah, Makna Perkata dan Tadabbur ayat) Karya Ustadz Fathuddin Ja'far, MA yang diterbitkan oleh Penerbit Al-Bayan. Bagi yang ingin mengutip materi tadabbur dari blog ini, kami harapkan agar tetap mencantumkan sumber kutipan dalam upaya meraih keberkahan ilmu.
TC by CW Published by MT
Powered by Webblog