Ahlan Wa Sahlan di Official Weblog Komunitas Tadabbur Al-Quran (KontaQ)

Lembar Jawaban Evaluasi Pekan Ke-60

(Materi Tadabbur QS. An-Nuur Ayat 54-64 & QS. Al-Furqan Ayat 1-32)


1.  Tiga cara meraih rahmat Allah adalah (QS. An-Nuur: 36)
·       Menegakkan shalat
·       Menunaikan zakat dan
·       Menaati Rasul Saw

2.1. (D)  QS. An Nuur : 58           
58. Wahai orang-orang yang beriman! Hendaklah hamba sahaya (laki-laki dan perempuan) yang kamu miliki, dan orang-orang yang belum baligh (dewasa) di antara kamu, meminta izin kepada kamu pada tiga kali (kesempatan), yaitu sebelum shalat Shubuh, ketika kamu menanggalkan pakaian (luar)mu di tengah hari dan setelah shalat Isya. (Itulah) tiga aurat (waktu) bagi kamu. (568) Tidak ada dosa bagimu dan tidak (pula) bagi mereka selain dari (tiga waktu) itu, mereka keluar masuk melayani kamu, sebagian kamu atas sebagian yang lain. Demikianlah Allah menjelaskan ayat-ayat itu.kepadamu. Dan Allah Maha Mengetahui, Mahabijaksana.

2.2. Ayat 58 menjelaskan aturan masuk kamar orang tua bagi anak-anak yang belum dewasa dan hamba sahaya. Ada tiga waktu di mana mereka tidak boleh masuk kecuali meminta izin terlebih dahulu, yaitu:
a) Sebelum shalat Shubuh.
b) Setelah Zuhur.
c) Setelah shalat Isya.
Ketiga waktu tersebut biasanya orang tua membuka aurat mereka. Sebab itu, diharuskan bagi anak-anak mereka yang belum dewasa meminta izin jika mereka ingin masuk ke kamar atau ruang orang tua mereka.

3. Berdasarkan etika di rumah yang diatur dalam QS. An Nuur Ayat 59-61, yang telah dijadikan kebiasaan oleh peserta untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari misalnya: minta ijin masuk ke kamar orang tua hal ini bermaksud mengajarkan anak tentang adab terhadap orang tua, tanpa ada halangan makan bersama dengan saudara yang buta,  memberi salam ketika masuk ke rumah. Motivasinya antara lain, berusaha mengikuti perintah Allah dan menjauhi  larangan-Nya agar menjadi orang yang taqwa. (Variasi jawaban tergantung pengalaman peserta)

4. (C)Sistem-sistem Allah sangat jelas manfaat bagi orang-orang yang mau menggunakan akalnya dengan baik

5.1. QS. Al Furqon ayat 3-11 menjelaskan tiga masalah penting, yaitu:
·       Perilaku kaum musyrikin dan kafir
·       Kekuasaan dan kebenaran Allah
·       Kebenaran Al Qur’an dan Rasulullah Saw

5.2. Variasi jawaban tergantung pada pemahaman peserta misalnya, mempelajari Al Qur'an dan mengamalkannya secara bertahap dalam semua aspek kehidupan; Belajar & berusaha mengikuti sunnah Rosullullah Saw.

6. Kondisi penghuni neraka berdasarkan QS. Al Furqon:
·  Ketika neraka melihat orang-orang yang kafir kepada Nabi Muhammad Saw, neraka mengeluarkan suara kemarahan dan gemuruh (QS. Al Furqon: 2)
·     Ketika dilemparkan ke tempat yang sempit di neraka, orang-orang kafir berteriak-teriak meminta kemusnahan (QS. Al Furqon: 13)
·   Tidak ada gunanya orang-orang kafir meminta kemusnahan karena mereka kekal di dalam neraka (QS. Al Furqon: 14)

7.  (C)  QS. Al Furqon : 23
“Dan Kami akan perlihatkan segala amal yang mereka kerjakan, lalu kami akan jadikan amal itu (bagaikan) debu yang berterbangan


8. Kaum musyrik akan sangat menyesal mengapa mereka tidak mengambil jalan Rasul Saw sebagai konsep hidup dan mengambil jalan manusia dan setan yang telah menyesatkan dan menghinakan mereka. Hal ini disebutkan dalam QS. Al Furqon ayat 27-29.


Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Log | CW | JT | MT
Copyleft © 2016. KontaQ-Komunitas Tadabbur Al-Quran - Seluruh Materi Tadabbur dalam Blog ini bersumber dari Mushaf Tadabbur (Qur'an Karim Terjemah, Makna Perkata dan Tadabbur ayat) Karya Ustadz Fathuddin Ja'far, MA yang diterbitkan oleh Penerbit Al-Bayan. Bagi yang ingin mengutip materi tadabbur dari blog ini, kami harapkan agar tetap mencantumkan sumber kutipan dalam upaya meraih keberkahan ilmu.
TC by CW Published by MT
Powered by Webblog