Ahlan Wa Sahlan di Official Weblog Komunitas Tadabbur Al-Quran (KontaQ)

Catatan Kajian Akhir Pekan

di Mesjid Agung Sunda Kelapa, Jum'at 8 Mei 2015
Ust. Fathuddin Ja'far, MA

Mengapa Metode Tadabbur Al-Quran Berurutan dari Al Fatihah sampai An-Naas
1. Ibarat bangunan rumah. Metode membangun dari 0 dan maintenance itu berbeda.
2. Kalau genteng pada bocor,  ubin lepas, dinding terkelupas, tiang-tiang mulai retak, tentu renovasi.
3. Ibarat orang yang terkilir. Orang muda dan tua beda treatmentnya. Yang muda dipijat keras 1-2 x sembuh. Kalau yang tua, otot-otot  sudah pada kendor tentu diurut berulang-ulang dan pelan.
4. Rumah rusak itu kondisi ummat Islam sekarang. Treatment yang tepat adalah seperti menyembuhkan orang tua terkilir, makanya Allaah SWT kasih ayat yang sama berulang-ulang agar pemahaman kita benar. Subhaanallaah ... kasih sayang Allaah SWT.
5. Jadi kalau kita main comot ayat, ibarat renovasi rumah tidak akan selesai. Main tambal sulam, tidak akan menyelesaikan masalah.
6. Nabi Saw sebelum ada Al-Qur'an adalah Muhammad ibn Abdillaah tapi setelah ada Qur'an ia menjadi Muhammad Rasulullaahi Shalla Allaahu 'alaihi wa sallam.
7. Ini juga yang dilakukan para Shahabat raadhiallaahu 'anhum, lihatlah dalan Al-Quran, Allaah meridhoi mereka (QS. At-Taubah Ayat 100), juga tabi'in dan ulama-ulama besar dahulu, mereka hebat karena membaca Al Qur'an dengan tadabbur.
8. Memulai dari juz 30 bisa saja, tapi bukan metode tadabbur.

**********************
Indirect Quotes
"Sakit ya .... Begitulah kadang-kadang Al-Qur'an ini 'menembak' kita. Sakit betul karena adanya kebiasaan-kebiasaan diri yang menyimpang.
Tapi karena Al-Qur'an ini syifaa'un dan rahmat (QS. Al-Israa' Ayat 82), maka kita berangsur-angsur meninggalkan kebiasaan yang tidak disukai Al-Quran.
Al-Qur'an ini obat untuk sakit hati, obat buat yang ragu-ragu sama Allaah dan Rasul-Nya dan lain-lain."

*********************
Informasi Tambahan
Bagi sahabat KontaQ yang ingin mengikuti materi tadabbur yang tertinggal dapat diperoleh dari:

1. kon-taq.blogspot.com
2.
plus.google.com/+Kon-taqBlogspot
3. Mushaf Tadabbur Ust. Fathuddin Ja'far, MA

In syaa Allaah mulai awal Juni 2015 materi tadabbur akan hadir di twitter.com/kon_taq  di mulai dari Juz 1. Yuk follow akun KontaQ.

Komunitas Tadabbur Al-Quran (KontaQ)
---------------------
Infaq Dakwah:
BNI Syariah
No. Rek: 0377944439 a.n MEYRINDA R. HILIPITO QQ KONTAQ
Konfirmasi: 081906063951



Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Log | CW | JT | MT
Copyleft © 2016. KontaQ-Komunitas Tadabbur Al-Quran - Seluruh Materi Tadabbur dalam Blog ini bersumber dari Mushaf Tadabbur (Qur'an Karim Terjemah, Makna Perkata dan Tadabbur ayat) Karya Ustadz Fathuddin Ja'far, MA yang diterbitkan oleh Penerbit Al-Bayan. Bagi yang ingin mengutip materi tadabbur dari blog ini, kami harapkan agar tetap mencantumkan sumber kutipan dalam upaya meraih keberkahan ilmu.
TC by CW Published by MT
Powered by Webblog