Ahlan Wa Sahlan di Official Weblog Komunitas Tadabbur Al-Quran (KontaQ)

Hasil dan Kunci Jawaban Evaluasi Pekan 94/G1



Kunci Jawaban  Evaluasi Materi Tadabbur Minggu ke-94

Materi :
- QS. At Tahriim (8-12)
- QS. Al Mulk (1-30)
- QS. Al Qalam (1-52)
- QS. Al Haaqqah (1-8)

1.Berdasarkan ayat 8 Surah At-Tahrim yang mempunyai keterkaitan dengan ayat sebelumnya terkait dengan tujuan utama keluarga muslim agar selamat tidak hanya di dunia tapi juga diakhirat, maka strategi apa yang anda terapkan di dalam keluarga anda sendiri dalam menerapkan ayat diatas dalam kehidupan sehari-hari? (sebutkan minimal 3, variasi jawaban tergantung pengalaman sahabat)

  • Menjadikan  keluarga sebagai keluarga yang selalu taat
  • Bertaubat kepada Allah dengan sebenar-benarnya taubat
  • Menjauhkan diri dan keluarga dari larangan Allah
2. Ibroh apa yang anda dapat pelajari dari  sosok-sosok wanita yang digambarkan dalam Al Qur'an, khususnya yang dijelaskan dalam ayat 10?

  • Istri nabi Nuh dan istri Nabi Luth adalah contoh istri yang buruk  kendati suami-suami mereka adalah seorang nabi
  • Pertalian istri dengan seorang suami yang shalih tidak bermanfaat sama sekali  dihadapan Allah jika istri tetap berkubangan dalam kejelekan dan dosa
  • Seorang istri harus sejalan dengan suaminya dalam ketaatan dan kebaikan
  • Serorang Istri  seharusnya tidak berkhianat pada suami baik dalam agamanya maupun kehormatannya
  • Adanya perintah kepada istri nabi Nuh dn Nabi Luth masuk dalam neraka, adalah bentuk dimana Allah hendak memutus harapan istri yang berbuat maksiat dari mendapatkan keshalihan dari suaminya
  • Istri Fir’aun adalah contoh isri yang mulia, teguh keimanannya meski suaminya seorang yang kafir karena mengaku sebagai tuhan

3. Pada bagian awal Surah Al Mulk, sikap atau tindakan manusia yang menjadi penyebab mengapa pada akhirnya manusia ditempatkan di neraka adalah:

  • ingkar kepada tuhan (Ayat 6)
  • mendustakan nabi dan/atau rasul (Ayat 9)
 4. Dalam Surah Al-Mulk ditegaskan bahwa Allah mengetahui segala rahasia karena Allah menguasai seluruh alam. Hal ini juga disinggung dalam sebelumnya, surat At-Tahrim, yang menerangkan hal yang sama, bahwa Allah mengetahui segala rahasia. Ayat-ayat yang menegaskan hal tersebut adalah:

  • Ayat 3 At Tahrim  (“Dan ingatlah ketika Nabi membicarakan secara rahasia kepada salah seorang isterinya (Hafsah) suatu peristiwa. Maka tatkala (Hafsah) menceritakan peristiwa itu (kepada Aisyah) dan Allah memberitahukan hal itu (pembicaraan Hafsah dan Aisyah) kepada Muhammad lalu Muhammad memberitahukan sebagian (yang diberitakan Allah kepadanya) dan menyembunyikan sebagian yang lain (kepada Hafsah). Maka tatkala (Muhammad) memberitahukan pembicaraan (antara Hafsah dan Aisyah) lalu (Hafsah) bertanya: "Siapakah yang telah memberitahukan hal ini kepadamu?" Nabi menjawab: "Telah diberitahukan kepadaku oleh Allah yang Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.")
  • Ayat 13 Al Mulk (“ Dan rahasiakanlah perkataanmu atau lahirkanlah; sesungguhnya Dia Maha Mengetahui segala isi hati”)
 5. Sebutkan dua persamaan (tadabbur ayat) yang terkandung dalam akhir Surah Al Mulk  dengan surat Al Qalam yang berkaitan dengan rasa syukur!

Dalam surah Al Mulk ayat 30, Allah Subhanallahu wa  ta’ala memberikan manusia nikmat, khususnya air yang dari sanalah diciptakan segala sesuatu yang hidup. Dari air itulah manusia minum, dari sana pula manusia memberi minum ternaknya, menyirami pohon dan tanaman. Karena itupula, Allah bisa saja mengeringkan bumi jika mererka bersyukur akan nikmat tersebut. Ayat ini menegaskan bahwa tidak ada seorang pun yang sanggup melakukan hal itu selain Allah ta’ala.

Dalam surah Al Qalam ayat 17-33 adalah Allah memberikan perumpaan kaum musyrik Mekkah dalam hal kufurnya mereka kepada nikmat Allah yaitu dengan permisalan bahwa mereka seperti pemilik kebun yang tidak bersyukur. Setelah Allah hancurkan, mereka bertobat. Kasus tersebut merupakan azab Allah di dunia, sedangkan azab akhirat itu jauh lebih dasyat.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Log | CW | JT | MT
Copyleft © 2016. KontaQ-Komunitas Tadabbur Al-Quran - Seluruh Materi Tadabbur dalam Blog ini bersumber dari Mushaf Tadabbur (Qur'an Karim Terjemah, Makna Perkata dan Tadabbur ayat) Karya Ustadz Fathuddin Ja'far, MA yang diterbitkan oleh Penerbit Al-Bayan. Bagi yang ingin mengutip materi tadabbur dari blog ini, kami harapkan agar tetap mencantumkan sumber kutipan dalam upaya meraih keberkahan ilmu.
TC by CW Published by MT
Powered by Webblog