Ahlan Wa Sahlan di Official Weblog Komunitas Tadabbur Al-Quran (KontaQ)

Hasil dan Kunci Jawaban Evaluasi Pekan 97/G1

 
Kunci Jawaban:
1. Balasan kepada orang-orang yang berbuat kebajikan salah satunya adalah, minum dari gelas (berisi) minuman yang campurannya air kafur, yaitu suatu mata air di surga yang airnya putih dan baunya sedap serta enak sekali rasanya. Hal tersebut akan diberikan kepada mereka yang mengerjakan perbuatan seperti (i)…,(ii)… dan (iii)… Ayat dan/atau surah yang menyebutkan hal tersebut adalah (iv)…  
(i)             Mereka yang memenuhi Nazar
(ii)            Takut akan suatu hari yang azabnya merata di mana-mana
(iii)           Mereka memberikan makanan yang disukainya kepada orang miskin, anak yatim dan orang yang ditawan
(iv)          QS Insan ayat  7-8

2. Bagi manusia yang menempuh jalan yang lurus, Allah memberi ganjaran surga dengan tingkatanya sebagai puncak kehidupan yang sempurna dan abadi. Padankan kenikmatan surga yang diperoleh tersebut dengan ayat-ayat di Surah Al Insaan yang menyinggungnya!
A. Diberi pakaian sutera    (a. Ayat 12)
B. Duduk betelekan dipan  (b. Ayat 13)
C. Tidak merasa teriknya matahari dan tidak dingin bersangatan (b. Ayat 13)
D. Pohon-pohon surga yang dekat, buahnya muda dipetik (c. Ayat 14)
E. Diedarkan bejana-bejana dari perak, piala-piala bening laksana kaca (d. Ayat 15)
F.
G. Kaca-kaca yang terbuat dari perak (e. Ayat 16)
H. Diberi minuman yan campurannya jahe (f. Ayat 17)
I.    Terdapat mata air surga, salsabil (g. Ayat 18)
J.   Dikelilingi oleh pelayan-pelayan muda, yang tetap muda, laksana mutiara yang bertaburan (h.Ayat 19)
K. Terdapat berbagai kenikmatan dan kerajaan yang besar (i. Ayat 20)
L. Memakai pakaian sutera halus yang hijau dan sutera yang tebal (i. 21)
M. Dipakaikan gelang yang terbuat dari perak (i.Ayat 21)
N. Allah memberi minuman yang bersih (i. Ayat 21)
3. Salah satu tuntunan Allah kepada Rasulullah yang juga sepatutnya kita lakukan adalah perintah yang disebutkan dalam ayat 25 Surah Al Insaan yang terjemahannya berbunyi sebagai berikut: “dan sebutlah nama Tuhannmu pada (waktu) pagi dan petang”. Terdapat sejumlah ayat dan/atau surah, yang pada pokoknya mengandung perintah yang sama. Temukan dan cocokan bunyi terjemahan ayat yang dimaksud dengan ayat dan/atau surah yang mengaturnya. *
A.         "Dan sebutlah (nama) Tuhannmu dalam hatiumu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang" (f. Al A’Araf: 205)
B.        "..bertasbihlah seraya memuji Tuhanmu pada waktu petang dan pagi" (e. Al Mu’min : 55)
C.        "Dan bertasbih kepada-Nya di waktu pagi dan petang  (c. Al Fath : 9)
D.        "Bertasbih kepada Allah di masjid-masjid yang telah diperintahkan untuk dimuliakan dan disebut nama-Nya di dalamnya, pada waktu pagi dan waktu petang " (a. An Nuur : 36)
E.        hendaklah kamu bertasbih di waktu pagi dan petang  (b. Maryam : 11)
F.        "Sesungguhnya Kami menundukkan gunung-gunung untuk bertasbih bersama dia (Daud) di waktu petang dan pagi " (d. Shaad : 18)

4.1. Malaikat adalah satu dari banyak jenis makhluk-mahluk Allah dimana tidaklah benar iman seorang hamba hingga ia mengimani keberadaannya dan mengimani sifat-sifat serta perkerjaan mereka yang disebutkan dalam Al Qur’an dan Sunnah Nabi Muhammad Saw. Dalam Surah Al Mursalaat disebutkan hal-hal yang berkaitan dengan tugas-tugas mereka yaitu:


(i) Membawa kebaikan
(ii) Menyebarkan rahmat Allah dengan seluad-luasnya
(iii) Membedakan antara yang baik dan yang buruk dengan sejelas-jelasnya
(iv) Menyampaikan wahyu
4.2. Dalam Surah An Naazi’aat dijelaskan pula bahwa Allah bersumpah dengan malaikat-malaikat yang bermacam-macam sifat dan urusannya, yaitu:
(i) Mencabut nyawa dengan keras
(ii) Mencabut nyawa dengan lemah lembut
(iii) Turun dari langit dengan cepat
(iv) Mendahului dengan kencang
(v) Mengatur urusan dunia


5.Informasi tentang hari kiamat disampaikan dengan terang benderang dalam Al Mursalaat, dalam hal ini, ada tiga tanda yang disebutkan secara tegas dalam Ayat 8-10 yang berkaitan dengan hancurnya alam raya ini, yaitu:
(i) bintang bintang dihancurkan
(ii) langit terbelah
(iii) gunung gunung dihancurkan jadi debu
6.1. Begitu keras dan pedihnya azab yang ditimpakan atas orang-orang yang mendustakan kebenaran disinggung Allah secara berulang-berulang dalam Surah Al Mursalaat, sampai-sampai Allah menyebut mereka sebagai orang yang celaka. Sebutkan di ayat-ayat manakah Allah menyebutkan kelompok orang-orang tersebut!
Surah Al Mursalaat  ayat 15, ayat 19,  ayat 24, ayat 28, ayat 34, ayat 37, ayat 40, ayat 45, ayat 47, ayat 49
6.2. Temukan pada ayat dan/atau surah lain, kelompok yang disebut celaka dalam Al Quran (minimal 5 ayat dan/atau surah yang telah ditadabburkan!) *
-     Al-Baqarah Ayat 79 “Maka celakalah orang-orang yang menulis kitab dengan tangan mereka (sendiri), kemudian berkata, “Ini dari Allah,” (dengan maksud) untuk menjualnya dengan harga murah. Maka celakalah mereka, karena tulisan tangan mereka, dan celakalah mereka karena apa yang mereka perbuat.”
-     Maryam Ayat 37 “Maka berselisihlah golongan-golongan (yang ada) di antara mereka.”Maka celakalah orang-orang kafir pada waktu menyaksikan hari yang agung!”
-    Az-Zumar Ayat 22 “…Maka celakalah mereka yang hatinya telah membatu untuk mengingat Allah. Mereka itu dalam kesesatan yang nyata.”
-        Fussilat Ayat 6-7 “…Dan celakalah bagi orang-orang yang mempersekutukan- (Nya), (yaitu) orang-orang yang tidak menunaikan zakat dan mereka ingkar terhadap kehidupan akhirat.
-   Al-Jatsiyah Ayat 7 “Celakalah bagi setiap orang yang banyak berdusta lagi banyak berdosa.”
7. Sebutkan beberapa hal yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan sains yang anda dapat temukan dalam Surah An Naba’! *
-        Bumi sebagai hamparan (Ayat 6)
-        gunung-gunung sebagai pasak? (Ayat 7)
-        manusia berpasang-pasangan, (Ayat 8)
-        tidur untuk istrahat, (Ayat 9)
-        dijadikannya malam (Ayat 10 )
-        dijadikannya siang, (Ayat 11 )
-        tujuh (langit) yang kokoh, (Ayat 12 )
-        dijadikannya matahari  (Ayat 13)
-        awan, air hujan (Ayat 14)
-        ditutumbuhkan dengan air biji-bijian dan tanam-tanaman, (Ayat 15)
-        kebun-kebun yang rindang. (Ayat 16)


8. Salah satu balasan terhadap orang yan durhaka yang disebutkan dalam An Naba’ adalah di neraka mereka akan meminum nanah . Carilah 4 ayat di surah lain yang menyinggung hal yang sama!
-   Ibrahim ayat 16 “Di hadapannya ada neraka Jahannam dan dia akan diberi minuman dengan air nanah”
-    Al-Haqqah Ayat 36 “ Dan tidak ada makanan (baginya) kecuali dari darah dan nanah.”
-  Shad Ayat 57 “Inilah azab neraka, biarlah mereka merasakannya. Minuman mereka air yang sangat panas dan air yang sangat dingin (ghassaq).
-      An-Naba’ Ayat 24-25 “Mereka tidak merasakan kesejukan di dalamnya dan tidak (pula mendapat) minuman, selain air yang mendidih dan nanah.”


9.    Membangkitkan manusia adalah mudah bagi Allah seperti menciptakan manusia. Hal ini merupakan kandungan ayat 27 An Naazi’aat *
Analisalah pertanyaan di atas, jika benar pilih “Benar”. Jika salah pilih“salah” dan buatlah revisi dari pernyataan yang salah tersebut di kolom lainnya
B. Salah, Kandungan ayat 27 An Naziat , Allah mengajak manusia untuk memikirkan penciptaan angkasa yang lebih besar daripada penciptaan manusia.
10. Pada bagian akhir surah An Naazi’aat disebutkan bahwa neraka sebagai hunian terkahir orang-orang yang (i)… dan (ii)… Sedangkan surga dihuni oleh orang-orang yang  (iii) … dan (iv…)
(i)            Orang yang melampaui batas
(ii)          Lebih mengutamakan kehidupan dunia
(iii)         Orang yang takut pada kebesaran Tuhannya

(iv)      Menahan diri dari (keinginan) hawa nafsunya

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Log | CW | JT | MT
Copyleft © 2016. KontaQ-Komunitas Tadabbur Al-Quran - Seluruh Materi Tadabbur dalam Blog ini bersumber dari Mushaf Tadabbur (Qur'an Karim Terjemah, Makna Perkata dan Tadabbur ayat) Karya Ustadz Fathuddin Ja'far, MA yang diterbitkan oleh Penerbit Al-Bayan. Bagi yang ingin mengutip materi tadabbur dari blog ini, kami harapkan agar tetap mencantumkan sumber kutipan dalam upaya meraih keberkahan ilmu.
TC by CW Published by MT
Powered by Webblog