Ahlan Wa Sahlan di Official Weblog Komunitas Tadabbur Al-Quran (KontaQ)

Tadabbur QS.Yunus 1-6



 بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.

الر تِلْكَ آَيَاتُ الْكِتَابِ الْحَكِيمِ
   1.   Alif Lām Rā. Inilah ayat-ayat Al-Qur’an yang penuh hikmah.

أَكَانَ لِلنَّاسِ عَجَبًا أَنْ أَوْحَيْنَا إِلَى رَجُلٍ مِنْهُمْ أَنْ أَنْذِرِ النَّاسَ وَبَشِّرِ الَّذِينَ آَمَنُوا أَنَّ لَهُمْ قَدَمَ صِدْقٍ عِنْدَ رَبِّهِمْ قَالَ الْكَافِرُونَ إِنَّ هَذَا لَسَاحِرٌ مُبِينٌ 

2.   Pantaskah manusia menjadi heran bahwa Kami memberi wahyu kepada seorang laki-laki di antara mereka, “Berilah peringatan kepada manusia dan gembirakanlah orang-orang beriman bahwa mereka mempunyai kedudukan yang tinggi di sisi Tuhan.” Orang-orang kafir berkata, “Orang ini (Muhammad) benar-benar penyihir.”

إِنَّ رَبَّكُمُ اللَّهُ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ يُدَبِّرُ الْأَمْرَ مَا مِنْ شَفِيعٍ إِلَّا مِنْ بَعْدِ إِذْنِهِ ذَلِكُمُ اللَّهُ رَبُّكُمْ فَاعْبُدُوهُ أَفَلَا تَذَكَّرُونَ 

3Sesungguhnya Tuhan kamu Dialah Allah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas ‘Arsy (singgasana) untuk mengatur segala urusan. Tidak ada yang dapat memberi syafaat kecuali setelah ada izin-Nya. Itulah Allah, Tuhanmu, maka sembahlah Dia. Apakah kamu tidak mengambil pelajaran?

إِلَيْهِ مَرْجِعُكُمْ جَمِيعًا وَعْدَ اللَّهِ حَقًّا إِنَّهُ يَبْدَأُ الْخَلْقَ ثُمَّ يُعِيدُهُ لِيَجْزِيَ الَّذِينَ آَمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ بِالْقِسْطِ وَالَّذِينَ كَفَرُوا لَهُمْ شَرَابٌ مِنْ حَمِيمٍ وَعَذَابٌ أَلِيمٌ بِمَا كَانُوا يَكْفُرُونَ

4Hanya kepada-Nya kamu semua akan kembali. Itu merupakan janji Allah yang benar dan pasti. Sesungguhnya Dialah yang memulai penciptaan makhluk kemudian mengulanginya (menghidupkannya kembali setelah berbangkit), agar Dia memberi balasan kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan dengan adil. Sedangkan untuk orang-orang kafir (disediakan) minuman air yang mendidih dan siksaan yang pedih karena kekafiran mereka.

هُوَ الَّذِي جَعَلَ الشَّمْسَ ضِيَاءً وَالْقَمَرَ نُورًا وَقَدَّرَهُ مَنَازِلَ لِتَعْلَمُوا عَدَدَ السِّنِينَ وَالْحِسَابَ مَا خَلَقَ اللَّهُ ذَلِكَ إِلَّا بِالْحَقِّ يُفَصِّلُ الْآَيَاتِ لِقَوْمٍ يَعْلَمُونَ

5Dialah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya, dan Dialah yang menetapkan tempat-tempat orbitnya, agar kamu mengetahui bilangan tahun, dan perhitungan (waktu). Allah tidak menciptakan demikian itu melainkan dengan benar. Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada orang-orang yang mengetahui.

إِنَّ فِي اخْتِلَافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَمَا خَلَقَ اللَّهُ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ لَآَيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَّقُونَ 

6.      Sungguh,  pada pergantian malam dan siang, dan pada apa yang diciptakan Allah di langit dan di bumi, pasti terdapat tanda-tanda (kebesaran-Nya) bagi orang-orang yang bertawakal.


----------------------
Tadabbur:

Pada  awal surah Yunus ini Allah mulai dengan penjelasan tentang isi Al-Qur’an adalah penuh hikmah. Sebab itu tidak ada alasan bagi manusia untuk tidak menjadikannya sebagai petunjuk hidup di dunia ini. Hanya dengan petunjuk Al-Qur’an dan Sunnah Rasul Saw. manusia bisa selamat di dunia dan akhirat.

Ayat 2-6 menjelaskan argumentasi yang sangat kuat dan tak terbantahkan, khususnya bagi manusia yang masih ragu dan belum bisa menerima keberadaan dan kebenaran Al-Qur’an. Kenapa orang-orang kafir itu masih ragu kepada Al-Qur’an yang diwahyukan kepada Muhammad Saw. yang bertugas memberikan kabar takut kepada orang-orang kafir dan membawa kabar gembira kepada orang-orang beriman bahwa mereka akan mendapatkan kedudukan yang mulia di sisi Allah. Kenapa orang-orang kafir itu masih menuduh Muhammad Saw. itu sebagai tukang sihir?

Kenapa masih ragu kepada kebenaran Al-Qur’an, sedangkan yang menurunkannya adalah Allah, Pencipta langit dan bumi selama 6 hari saja, kemudian Dia bersinggasana di atas arasy-Nya, dan mengatur segala urusan makhluk-Nya dan tidak ada yang dapat memberikan syafaat kecuali atas izin-Nya. Allah juga Pencipta manusia, maka kenapa tidak mau menyembah-Nya. Tidak cukupkah semua itu dijadikan pelajaran?

Allah juga tempat kembali manusia di akhirat kelak sedangkan janji-Nya adalah benar. Allah akan menyediakan surga bagi orang-orang yang beriman dan beramal saleh dan menyediakan neraka bagi yang kafir pada-Nya dan kepada para Rasul-Nya.

Bagaimana Allah menciptakan matahari bersinar, bulan bercahaya dan keduanya berjalan pada orbit masing-masing, pergantian siang dengan malam dan berbagai ciptaan Allah di langit dan di bumi cukup sebagai bukti kebesaran Allah. Jika semua itu menjadi bukti kebesaran Allah, maka kebenaran Al-Qur’an adalah fakta yang tidak bisa dipungkiri lagi.



 ↭↭↭↭↭↭↭↭↭↭↭↭↭↭↭↭

📚 Mushaf Tadabbur
👤 Ust. Fathuddin Ja'far, MA
🏡 Komunitas Tadabbur Al-Quran (KontaQ)
----------------------------
Pendaftaran Grup KontaQ:
📎 http://bit.ly/GabungKontaQ
📱 WhatsApp
      Ikhwan: 0852-5541-3213
      Akhwat: 0896-1754-8384
----------------------------








Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Log | CW | JT | MT
Copyleft © 2016. KontaQ-Komunitas Tadabbur Al-Quran - Seluruh Materi Tadabbur dalam Blog ini bersumber dari Mushaf Tadabbur (Qur'an Karim Terjemah, Makna Perkata dan Tadabbur ayat) Karya Ustadz Fathuddin Ja'far, MA yang diterbitkan oleh Penerbit Al-Bayan. Bagi yang ingin mengutip materi tadabbur dari blog ini, kami harapkan agar tetap mencantumkan sumber kutipan dalam upaya meraih keberkahan ilmu.
TC by CW Published by MT
Powered by Webblog