Ahlan Wa Sahlan di Official Weblog Komunitas Tadabbur Al-Quran (KontaQ)

Tadabbur QS. Al-A'raf 179-187

وَلَقَدْ ذَرَأْنَا لِجَهَنَّمَ كَثِيرًا مِنَ الْجِنِّ وَالإنْسِ لَهُمْ قُلُوبٌ لا يَفْقَهُونَ بِهَا وَلَهُمْ أَعْيُنٌ لا يُبْصِرُونَ بِهَا وَلَهُمْ آذَانٌ لا يَسْمَعُونَ بِهَا أُولَئِكَ 
كَالأنْعَامِ بَلْ هُمْ أَضَلُّ أُولَئِكَ هُمُ الْغَافِلُونَ (١٧٩) 
179. Dan sungguh akan Kami isi neraka Jahanam banyak dari kalangan jin dan manusia. Mereka memiliki hati tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka memiliki mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengarkan (ayat-ayat Allah). Mereka seperti hewan ternak, bahkan lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lengah. 


وَلِلَّهِ الأسْمَاءُ الْحُسْنَى فَادْعُوهُ بِهَا وَذَرُوا الَّذِينَ يُلْحِدُونَ فِي أَسْمَائِهِ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ (١٨٠) 
180. Dan Allah memiliki Asmāul Husnā (nama-nama yang terbaik), maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut Asmāul Husnā. Itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyalahartikan nama-nama-Nya.351 Mereka kelak akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.



وَمِمَّنْ خَلَقْنَا أُمَّةٌ يَهْدُونَ بِالْحَقِّ وَبِهِ يَعْدِلُونَ (١٨١)
181. Dan di antara orang-orang yang telah Kami ciptakan ada umat yang memberi petunjuk dengan (dasar) kebenaran, dan dengan itu (pula) mereka berlaku adil. 


وَالَّذِينَ كَذَّبُوا بِآيَاتِنَا سَنَسْتَدْرِجُهُمْ مِنْ حَيْثُ لا يَعْلَمُونَ (١٨٢)
182. Dan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami, akan Kami biarkan mereka berangsur-angsur (ke arah kebinasaan), dengan cara yang tidak mereka ketahui. 


وَأُمْلِي لَهُمْ إِنَّ كَيْدِي مَتِينٌ (١٨٣)
183. Dan Aku akan memberikan tenggang waktu kepada mereka. Sungguh, rencana-Ku sangat teguh.



أَوَلَمْ يَتَفَكَّرُوا مَا بِصَاحِبِهِمْ مِنْ جِنَّةٍ إِنْ هُوَ إِلا نَذِيرٌ مُبِينٌ (١٨٤)
184. Dan apakah mereka tidak merenungkan bahwa teman mereka (Muhammad) tidak gila. Dia (Muhammad) tidak lain hanyalah seorang pemberi peringatan yang jelas.




أَوَلَمْ يَنْظُرُوا فِي مَلَكُوتِ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضِ وَمَا خَلَقَ اللَّهُ مِنْ شَيْءٍ وَأَنْ عَسَى أَنْ يَكُونَ قَدِ اقْتَرَبَ أَجَلُهُمْ فَبِأَيِّ حَدِيثٍ بَعْدَهُ يُؤْمِنُونَ (١٨٥)

185. Dan apakah mereka tidak memperhatikan kerajaan langit dan bumi dan segala apa yang diciptakan Allah, dan kemungkinan telah dekatnya waktu (kebinasaan) mereka? Lalu berita mana lagi setelah ini yang akan mereka percayai?




مَنْ يُضْلِلِ اللَّهُ فَلا هَادِيَ لَهُ وَيَذَرُهُمْ فِي طُغْيَانِهِمْ يَعْمَهُونَ (١٨٦)
186. Barang siapa dibiarkan sesat oleh Allah, maka tidak ada yang mampu memberi petunjuk. Allah membiarkannya terombang-ambing dalam kesesatan.




يَسْأَلُونَكَ عَنِ السَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَاهَا قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ رَبِّي لا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَا إِلا هُوَ ثَقُلَتْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالأرْضِ لا تَأْتِيكُمْ إِلا بَغْتَةً يَسْأَلُونَكَ كَأَنَّكَ حَفِيٌّ عَنْهَا قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ اللَّهِ وَلَكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لا يَعْلَمُونَ (١٨٧)
187. Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang kiamat, “Kapan terjadi? “Katakanlah, “sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu ada pada Tuhanku; tidak ada (seorang pun) yang dapat menjelaskan waktu terjadinya selain Dia. (Kiamat) itu sangat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi, tidak akan datang kepadamu kecuali secara tiba-tiba.” Mereka berkata kepadamu seakan-akan engkau mengetahuinya. Katakanlah (Muhammad), “Sesungguhnya pengetahuan tentang (hari kiamat) ada pada Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.”

-------------------
Catatan Kaki:
351. Jangan dihiraukan orang-orang yang menyembah Allah dengan menyebut nama-nama yang tidak sesuai dengan sifat-sifat keagungan Allah atau mempergunakan Asmāul Husnā tetapi dengan maksud menodai nama Allah atau mempergunakan Asmāul Husnā untuk nama-nama selain Allah.
-------------------
Tadabbur:

Ayat 179-187 menjelaskan kunci hidayah dan kesesatan serta dahsyatnya ancaman Allah bagi orang-orang yang sesat. Allah telah ciptakan tiga alat super canggih dalam diri manusia, yaitu jantung (hati nurani), mata dan telinga. Bila ketiga alat super canggih itu tidak digunakan untuk memahami wahyu Allah yang menjadi sistem hidup manusia (syariat Allah) di dunia dan sunnatullah kauniyah (sistem penciptaan Allah bagi alam semesta), maka manusia akan sulit menerima Islam sebagai the way of life. Bahkan di antara mereka akan memerangi Islam sebagaimana yang dilakukan oleh umat-umat terdahulu. Di antaranya, Bani Israil yang dijelaskan ayat-ayat sebelumnya. Sebab itu, sangat logis jika Allah menurunkan berbagai azab di dunia dan menjanjikan neraka Jahanam di akhirat nanti bagi manusia yang durhaka kepada-Nya dan kepada para rasul-Nya.

Sudah menjadi realitas masyarakat bahwa ada di antara mereka yang berpegang teguh kepada kebenaran yang datang dari Allah dan berjuang menegakkannya dan ada pula yang menolak kebenaran tersebut dan berjuang sekuat tenaga untuk memeranginya. Kepada mereka ini, Allah akan beri tangguh barang sejenak. Pada gilirannya, Allah akan siksa mereka dari arah yang tidak mereka duga. Kalau saja manusia itu menggunakan hati, pendengaran dan penglihatan mereka untuk memahami Al-Qur’an, Sunah Rasulullah dan sistem penciptaan langit dan bumi, mereka tidak akan menolak Al-Qur’an, risalah Rasul Saw. dan Islam sebagai sistem hidup dam pasti yakin kiamat akan terjadi. Sedangkan waktunya hanya Allah yang tahu.
Share this article :

+ komentar + 2 komentar

17 Desember 2016 pukul 09.22

YA ALLAH, ampuni dosa-dosa hamba, dosa kedua org tua hamba, dosa org yg menyayangi hamba, dosa para pemimpin pemimpin hamba, kuatkat hati hamba agar teguh dalam agama-MU ya ALLAH... kuatkan jasad dan hati hamba dalam ketaatan kepada-MU ya ALLAH...

17 Desember 2016 pukul 09.23

YA ALLAH, ampuni dosa-dosa hamba, dosa kedua org tua hamba, dosa org yg menyayangi hamba, dosa para pemimpin pemimpin hamba, kuatkat hati hamba agar teguh dalam agama-MU ya ALLAH... kuatkan jasad dan hati hamba dalam ketaatan kepada-MU ya ALLAH...

Posting Komentar

 
Support : Log | CW | JT | MT
Copyleft © 2016. KontaQ-Komunitas Tadabbur Al-Quran - Seluruh Materi Tadabbur dalam Blog ini bersumber dari Mushaf Tadabbur (Qur'an Karim Terjemah, Makna Perkata dan Tadabbur ayat) Karya Ustadz Fathuddin Ja'far, MA yang diterbitkan oleh Penerbit Al-Bayan. Bagi yang ingin mengutip materi tadabbur dari blog ini, kami harapkan agar tetap mencantumkan sumber kutipan dalam upaya meraih keberkahan ilmu.
TC by CW Published by MT
Powered by Webblog