Ahlan Wa Sahlan di Official Weblog Komunitas Tadabbur Al-Quran (KontaQ)

Tadabbur QS. Al-A'raf 156-159

وَاكْتُبْ لَنَا فِي هَذِهِ الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ إِنَّا هُدْنَا إِلَيْكَ قَالَ عَذَابِي أُصِيبُ بِهِ مَنْ أَشَاءُ وَرَحْمَتِي وَسِعَتْ كُلَّ شَيْءٍ فَسَأَكْتُبُهَا لِلَّذِينَ يَتَّقُونَ وَيُؤْتُونَ الزَّكَاةَ وَالَّذِينَ هُمْ بِآيَاتِنَا يُؤْمِنُونَ (١٥٦)
156. Dan tetapkanlah untuk kami kebaikan di dunia ini dan akhirat. Sungguh, kami kembali (bertobat) kepada Engkau. (Allah) berfirman, “Siksa-Ku akan Aku timpakan kepada siapa yang Aku kehendaki dan rahmat-Ku bagi orang-orang yang bertakwa, yang menunaikan zakat, dan orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami.”




الَّذِينَ يَتَّبِعُونَ الرَّسُولَ النَّبِيَّ الأمِّيَّ الَّذِي يَجِدُونَهُ مَكْتُوبًا عِنْدَهُمْ فِي التَّوْرَاةِ وَالإنْجِيلِ يَأْمُرُهُمْ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَاهُمْ عَنِ الْمُنْكَرِ وَيُحِلُّ لَهُمُ الطَّيِّبَاتِ وَيُحَرِّمُ عَلَيْهِمُ الْخَبَائِثَ وَيَضَعُ عَنْهُمْ إِصْرَهُمْ وَالأغْلالَ الَّتِي كَانَتْ عَلَيْهِمْ فَالَّذِينَ آمَنُوا بِهِ وَعَزَّرُوهُ وَنَصَرُوهُ وَاتَّبَعُوا النُّورَ الَّذِي أُنْزِلَ مَعَهُ أُولَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ (١٥٧)
157. (Yaitu) orang-orang yang mengikuti Rasul, nabi yang ummi (tidak bisa baca tulis) yang (namanya) mereka dapati tertulis di dalam Taurat dan Injil yang ada pada mereka, yang menyuruh mereka berbuat yang makruf dan mencegah dari yang mungkar, dan yang menghalalkan segala yang baik bagi mereka dan mengharamkan segala yang buruk bagi mereka, dan membebaskan beban-beban dan belenggu-belenggu yang ada pada mereka.344 Adapun orang-orang yang beriman kepada-Nya, dan mengikuti cahaya yang terang yang diturunkan kepada-Nya (Al-Quran), mereka itulah orang-orang yang beruntung. 


قُلْ يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنِّي رَسُولُ اللَّهِ إِلَيْكُمْ جَمِيعًا الَّذِي لَهُ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضِ لا إِلَهَ إِلا هُوَ يُحْيِي وَيُمِيتُ فَآمِنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ النَّبِيِّ الأمِّيِّ الَّذِي يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَكَلِمَاتِهِ وَاتَّبِعُوهُ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ (١٥٨)
158. Katakanlah (Muhammad), “Wahai manusia! Sesungguhnya aku ini utusan Allah bagi kamu semua, yang memiliki kerajaan langit dan bumi; tidak ada tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, Yang menghidupkan dan mematikan, maka berimanlah kamu kepada Allah dan rasul Nya, (yaitu) nabi yang ummi yang beriman kepada Allah dan kepada kalimat-kalimat-Nya (kitab-kitab-Nya). Ikutilah dia, agar kamu mendapat petunjuk.”


وَمِنْ قَوْمِ مُوسَى أُمَّةٌ يَهْدُونَ بِالْحَقِّ وَبِهِ يَعْدِلُونَ (١٥٩)

159. Dan di antara kaum Musa itu terdapat suatu umat yang memberi petunjuk (kepada manusia) dengan (dasar) kebenaran dan dengan itu (pula) mereka berlaku adil menjalankan keadilan.345



-------------------
Catatan Kaki:
344. Dalam syariat yang dibawa oleh Nabi Muhammad saw, tidak ada lagi beban yang berat yang dipikulkan kepada Bani Israil. Umpamanya: Mensyariatkan membunuh diri untuk sahnya tobat, wajib qișāș pada pembunuhan baik yang disengaja atau tidak tanpa boleh membayar diat (ganti rugi), memotong anggota badan yang melakukan kesalahan, membuang atau menggunting kain yang kena najis.

345. Mereka memberi petunjuk dan menuntun dengan berpedoman kepada petunjuk dan tuntunan yang datang dari Allah. Dan juga dalam hal mengadili perkara, mereka selalu mencari keadilan dengan berpedoman kepada petunjuk dan tuntunan Allah.
------------------

Tadabbur:
Ayat 156 dan 157 meneruskan doa Nabi Musa sebelumnya dan dialognya dengan Allah: Tetapkan bagi kami kebaikan dalam kehidupan di dunia dan kehidupan akhirat. Kami kembali kepadamu ya Allah.. Allah berfirman: Azabku akan menimpa orang-orang yang durhaka. Sedangkan rahmat-Ku meliputi segala sesuatu. Aku akan tetapkan pada orag-orang yang bertakwa, membayar zakat dan beriman pada wahyu-Ku. Mereka adalah yang mengikuti Rasul yang ummi ini (Muhamamd Saw.) yang mereka temukan sebutannya tertulis dalam Taurat dan Injil. Ia (Nabi tersebut) menyuruh manusia kepada yang ma’ruf dan mencegah mereka dari yang mungkar, menghalalkan bagi mereka yang baik-baik, mengharamkan bagi mereka yang buruk-buruk, membebaskan mereka dari beban-beban dan belenggu-belenggu jahililah yang mengikat leher mereka. Orang-orang yang beriman padanya, memuliakannya, menolongnya dan mengikuti cahaya (Al-Qur’an) yang diturunkan padanya, maka merekalah orang-orang yang sukses.

Ayat 158 memerintahkan Muhammad bin Abdullah agar mendeklarasikan kerasulannya kepada semua manusia, termasuk kepada Ahlul Kitab (Yahudi dan Nasrani). Dia adalah Rasul Allah, Pemilik kerajaan langit dan bumi. Misi utama kerasulan Muhammad ialah, mengajarkan manusia bahwa tidak ada tuhan yang berhak disembah selain Allah yang menghidupkan dan mematikan. Dia mengajak manusia agar beriman kepada Allah, Rasul-Nya, Nabi yang ummi yang beriman kepada Allah dan kepada Isa. Mengikutinya pasti mendapat petunjuk Allah.

Ayat 159 menjelaskan, ada di antara kaum Musa yang menunjukkan manusia kepada jalan kebenaran. Dengan kebenaran itu mereka berbuat adil.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Log | CW | JT | MT
Copyleft © 2016. KontaQ-Komunitas Tadabbur Al-Quran - Seluruh Materi Tadabbur dalam Blog ini bersumber dari Mushaf Tadabbur (Qur'an Karim Terjemah, Makna Perkata dan Tadabbur ayat) Karya Ustadz Fathuddin Ja'far, MA yang diterbitkan oleh Penerbit Al-Bayan. Bagi yang ingin mengutip materi tadabbur dari blog ini, kami harapkan agar tetap mencantumkan sumber kutipan dalam upaya meraih keberkahan ilmu.
TC by CW Published by MT
Powered by Webblog