Ahlan Wa Sahlan di Official Weblog Komunitas Tadabbur Al-Quran (KontaQ)

Materi Tadabbur QS. An-Naml Ayat 1-13


بسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

طس
ۚتِلكَ آياتُ القُرآنِ وَكِتابٍ مُبين ٍ
1. Thā Sīn. Inilah ayat-ayat Al-Qur’an, dan Kitab yang jelas,

هُدًى وَبُشرىٰ لِلمُؤمِنينَ
2. petunjuk dan berita gembira bagi orang-orang yang beriman,

الَّذينَ يُقيمونَ الصَّلاةَ وَيُؤتونَ الزَّكاةَ وَهُم بِالآخِرَةِ هُم يوقِنونَ
3. (yaitu) orang-orang yang melaksanakan shalat dan menunaikan zakat, dan mereka meyakini adanya akhirat.
إِنَّ الَّذينَ لا يُؤمِنونَ بِالآخِرَةِ زَيَّنّا لَهُم أَعمالَهُم فَهُم يَعمَهونَ

4. Sesungguhnya orang-orang yang tidak beriman kepada akhirat, Kami jadikan terasa indah bagi mereka (yang buruk), sehingga mereka bergelimang dalam kesesatan.

أُولٰئِكَ الَّذينَ لَهُم سوءُ العَذابِ وَهُم فِي الآخِرَةِ هُمُ الأَخسَرونَ

5. Mereka itulah orang-orang yang mendapat siksaan buruk (di dunia) dan mereka di akhirat adalah orang-orang yang paling rugi.

وَإِنَّكَ لَتُلَقَّى القُرآنَ مِن لَدُن حَكيمٍ عَليمٍ
6. Dan sesungguhnya engkau (Muhammad) benar-benar telah diberi Al Qur’an dari sisi (Allah) Yang Mahabijaksana, Maha Mengetahui.

إِذ قالَ موسىٰ لِأَهلِهِ إِنّي آنَستُ نارًا سَآتيكُم مِنها بِخَبَرٍ أَو آتيكُم بِشِهابٍ قَبَسٍ لَعَلَّكُم تَصطَلونَ

7. (Ingatlah) ketika Musa berkata kepada keluarganya, “Sungguh, aku melihat api. Aku akan membawa kabar tentang itu kepadamu, atau aku akan membawa suluh api (obor) kepadamu agar kamu dapat berdiang (menghangatkan badan dekat api).”

فَلَمّا جاءَها نودِيَ أَن بورِكَ مَن فِي النّارِ وَمَن حَولَها وَسُبحانَ اللَّهِ رَبِّ العالَمينَ
8. Maka ketika dia tiba di sana (tempat api itu), dia diseru, “Telah diberkahi orang-orang yang berada di dekat api, dan orang-orang yang berada di sekitarnya. Mahasuci Allah, Tuhan seluruh alam.”

يا موسىٰ إِنَّهُ أَنَا اللَّهُ العَزيزُ الحَكيمُ
9. (Allah berfirman), “Wahai Musa! Sesungguhnya Aku adalah Allah, Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.


وَأَلقِ عَصاكَ ۚ فَلَمّا رَآها تَهتَزُّ كَأَنَّها جانٌّ وَلّىٰ مُدبِرًا وَلَم يُعَقِّب ۚ يا موسىٰ لا تَخَف إِنّي لا يَخافُ لَدَيَّ المُرسَلونَ
10. dan lemparkanlah tongkatmu!” Maka ketika (tongkat itu menjadi ular dan) Musa melihatnya bergerak-gerak seperti seekor ular yang gesit, larilah dia berbalik ke belakang tanpa menoleh. “Wahai Musa! Jangan takut! Sesungguhnya di hadapan-Ku para rasul tidak perlu takut,

إِلّا مَن ظَلَمَ ثُمَّ بَدَّلَ حُسنًا بَعدَ سوءٍ فَإِنّي غَفورٌ رَحيمٌ
11. kecuali orang yang berlaku zalim yang kemudian mengubah (dirinya) dengan kebaikan setelah kejahatan (bertobat); maka sungguh, Aku Maha Pengampun, Maha Maha Penyayang.

وَأَدخِل يَدَكَ في جَيبِكَ تَخرُج بَيضاءَ مِن غَيرِ سوءٍ ۖ في تِسعِ آياتٍ إِلىٰ فِرعَونَ وَقَومِهِ ۚ إِنَّهُم كانوا قَومًا فاسِقينَ
12. Dan masukkanlah tanganmu ke leher bajumu, (592) niscaya ia akan keluar menjadi putih (bersinar) tanpa cacat. (Kedua mukjizat ini) termasuk sembilan macam mukjizat (yang akan dikemukakan) kepada Fir’aun dan kaumnya. Mereka benar-benar
orang-orang yang fasik.”
--------
592. Meletakkan tangan ke dada melalui leher baju. 
--------

فَلَمّا جاءَتهُم آياتُنا مُبصِرَةً قالوا هٰذا سِحرٌ مُبينٌ
13. Maka ketika mukjizat-mukjizat Kami yang terang itu sampai kepada mereka, mereka berkata, “Ini sihir yang nyata.”
﹏﹏﹏﹏﹏﹏﹏﹏﹏﹏﹏﹏﹏﹏﹏
Tadabbur Ayat:

Ayat 1-6 surah An-Naml ini menjelaskan, ayat-ayat Al-Qur’an itu sangat jelas. Orang yang memahaminya akan jelas baginya bahwa Al-Qur’an itu dari Allah.
Fungsi utamanya sebagai petunjuk hidup dan kabar gembira bagi kaum Mukmin yang menegakkan shalat, menunaikan zakat, meyakini akhirat dan beramal saleh yang banyak.
Allah jadikan amal kejahatan orang kafir itu indah di mata mereka sehingga mereka bergelimang dosa. Mereka mendapat azab di dunia dan di akhirat kelak menjadi bangkrut.
Rasul Saw. menerima Al-Qur’an itu dari yang Mahaperkasa lagi Bijaksana.
Ayat 7-13 menjelaskan, Nabi Musa mendapat wahyu dari Allah saat pulang dari Madyan ke Mesir bersama istrinya. Ketika ia bergerak ke arah bara api yang dilihatnya di samping bukit, ia mendengar suara memanggilnya: Diberkahilah orang yang dekat api dan sekitarnya.
Mahasuci Allah Pencipta alam semesta. Ketika itulah Allah berbicara dengan Musa dan berkata: Saya adalah Allah yang Mahaperkasa lagi Mahabijaksana. Lemparkan tongkatmu. Ketika tongkat itu bergerak dan menjadi ular, Musa merasa takut.
Lalu Allah katakan agar tidak takut karena para rasul itu tidak takut di sisi-Nya. Tidak ada kesalahan yang tidak diampuni Allah. Allah perintahkan Musa untuk memasukkan tangannya ke dalam sakunya, nanti akan menjadi putih.
Inilah dua dari sembilan mukjizat Musa untuk Fir’aun dan kaumnya. Ketika melihatnya, mereka menganggapnya sihir.
↭↭↭↭↭↭↭↭↭↭↭↭↭↭↭↭
📖 Mushaf Tadabbur
👤 Fathuddin Ja'far, MA
🏡 Komunitas Tadabbur Al-Quran (KontaQ)
↭↭↭↭↭↭↭↭↭↭↭↭↭↭↭↭
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Log | CW | JT | MT
Copyleft © 2016. KontaQ-Komunitas Tadabbur Al-Quran - Seluruh Materi Tadabbur dalam Blog ini bersumber dari Mushaf Tadabbur (Qur'an Karim Terjemah, Makna Perkata dan Tadabbur ayat) Karya Ustadz Fathuddin Ja'far, MA yang diterbitkan oleh Penerbit Al-Bayan. Bagi yang ingin mengutip materi tadabbur dari blog ini, kami harapkan agar tetap mencantumkan sumber kutipan dalam upaya meraih keberkahan ilmu.
TC by CW Published by MT
Powered by Webblog